Martabak...Martabak...

Memanfaatkan sisa putih telur, dan kepingin makan martabak ala Holland atau Fransisco, diutak-atik deh resep yang sebenernya ga pake takaran aliyas cemplang-cemplung. Hasilnya?...hemmmm…ga usah lagi deh ngeluarin kocek 25rb (kalu disangatta nih) untuk martabak isi jamur, daging cincang dan teman-temannya ini…

Bahan Kulit:
100gr tepung terigu
1btr telur
3 butir putih telur
3sdm mentega, dicairkan
300-400ml air matang
garam
merica

Bahan isian:
150gr daging cincang
100gr jamur
3bh daun bawang iris tipis
3-4 buah telur
setengah buah bawang Bombay cincang
margarin
garam
merica

minyak untuk menggoreng

Caranya:
Kulit : campur dalam bowl tepung, telur, garam, merica, aduk satu arah. Masukkan air matang sedikit-2, kemudian masukkan mentega yang sudah dicairkan. Hingga adonan licin (sedikit encer dibanding dengan adonan risoles). Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Isi : panaskan margarine, masukkan bawang Bombay yg sudah dicincang, hingga layu. Masukkan daging cincang, goreng hingga kecoklatan, kemudian masukkan jamur, goreng lagi sebentar. Ditempat lain campur telur, daun bawang garam merica, aduk rata. Masukkan adonan daging cincang. Aduk rata.

Panaskan minyak ditempat penggorengan. Sementara itu siapkan mangkuk kecil, taruh adonan kulit, kemudian sendokkan bahan isi kedalam kulit, lipat segi empat, masukkan kedalam minyak yang sudah panas, goreng hingga coklat/matang.

Tips: kulit dibuat tipis saja. Untuk melipat perlu kata 'hati-hati', karena jika tidak, kulit akan robek dan isipun tidak akan tertampung.
Cara membuatnya sebenernya gampang, jika disini terlihat susah, hanya dikarenakan bahasa saya yang agak njelimet. Dicoba yaaa...Hyukkk…

untuk kurleb 15bh martabak

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home