Soto Babat Düssy

Pas baru datang sempat liat kalau toko Turki Merketti di dekat rumah tuh emang lengkap, ada kaki sapi, juga ada babat. Waktu pertama mau beli, dibilang sama orangnya harus beli semuanya, ga bisa dipotong2. Hwaaaa banyak amaat dan mahaaal tentunya. Sabtu lalu kami ke Toko Turki di seberangnya, namanya Veli Baba, memang lebih kecil tapi kata MB dagingnya lebih segar dan ada babat jugaaa...ternyata boleh beli sesuai yang kita minta...asikkkk...jadi deh beli setengah kilo, cuma MB omat2an supaya pas dibikin sayurnya banyak, jadi mengurangi efek negatif dari kolesterol jeroan hiihiihi husss.


BABAT :

500 g babat dicuci bersih dengan air panas. Untuk menghilangkan bau, balur dengan 1 sdt jahe, 1 sdt bawang putih dan 0,5 sdt garam. Diamkan selama 15 menit, lalu rebus dengan 1 gelas air, kalau masih agak bau bisa ditambah jahe dan bawang putihnya atau beberapa tetes jeruk nipis. Setelah mendidih beberapa saat. Angkat babat dan pisahkan.

BUMBU :
1 sdt bubuk bawang putih
1 sdt merica
1 bawang bombay iris
1 sdt sereh bubuk (atau sereh batang iris)
Tumis sampai harum pisahkan

SAYUR :
1 lobak iris
3 wortel potong kotak
2 batang bawang daun iris
3 batang seledri iris
2 buah tomat potong kotak

250 mL santan

CARA :
Didihkan air 500 mL, masukkan babat yang sudah direbus, masukkan sayur dan terakhir masukkan bumbu tumis, masukkan santan aduk jangan sampai pecah. Tambahkan garam dan gula atau kaldu sapi.

Sajikan dengan taburan bawang goreng....enak coiiii...

Labels:

1 Comments:

At 9:09 PM, Blogger joenia said...

slrrruuupppp....nyamnyam, kabita teh:(, hiks...masakin dong.

 

Post a Comment

<< Home