Baso tenis telur

Kalau bikin bakso selalu bentuknya suka ga okeh aja, kadang melenyon kadang ga jelas dll dlsb. Katanya sih harus difood processor yah? Ga punya hehehe, makanya pas liat resep dari neng Lia, yang pake campuran ayam juga, pengen nyoba ahh..Hasilnya bisa bikin baso telur segala! Tambahan ayam membuat baso jadi kenyal.

Bahan
500 g daging cincang sapi
250 gram ayam (karena ga ada ayam cincang saya ambil daging dari 2 bagian dada bawah dan paha ayam, schenkel lah basa Jermannya) ini diiris dan dicacah pake piso
Telur 3 buah kocok
Bwg putih bubuk 0,5 sdm rata
Kaldu block 1
Garam 1 sdt
Merica 1 sdt
Tepung tapioka 8 muncung sdm (atau tepung ketan - klebreis mehl!, baso jadi tambah kenyal)
Telur rebus


Cara : Campurkan, daging+bumbu2 kecuali tepung, setelah rata, campurkan tepung, campuran masih berwarna merah tapi tidak nempel di wadah, kalau masih nempel tambah per 1 sdm. Bentuk dengan sendok atau tangan bisa. Kebetulan tangan MB soalnya gede. Hehehe. Masukkan ke dapam panci yang belum mendidih sekali, jadi dimasukkinnya dari awal. Sampai mengapung coba dulu masukkin 1, kalau kurang garam tambahkan sama adonan, panci pinggirkan dulu biar airnya tidak terlalu mendidih. Lanjutkan dengan adonan yang lain. Selamat mencobahhhhhhh

Bahan kuah :
Rebus tulang2 ayam, sampai matang, kemudian tambahkan 5 butir bawang putih cacah yang ditumis (bersama minyaknya). Jangan lupa garamnya yah sesuai selera.



Labels:

2 Comments:

At 11:47 PM, Blogger Ciedolicious said...

Bener bener rejeki nomplok mampir kesini teh.

Lagi cari ide pengen bikin apa lagi..hahaha..tnyata ada baksoo tenniss..huhuyy..danke jaa!!

 
At 2:51 PM, Anonymous __==Rafi==__ said...

aku baca aku coba,aku raba raba,besok ku belanja .besok aku suka merekapun mau

terima kasih ilmu mu

 

Post a Comment

<< Home