Putri Salju

Bahan :

Mentega 100 gr
Margarin 30 gr
Kuning telur 1 btr
Gula halus 50 gr
Tepung 175 gr
Kacang mede 100 gr (sangrai dan tumbuk halus)
Gula halus untuk taburan 200 gr

Cara Membuat :

1. Kocok mentega, margarine dan gula sampai lembut
2. Masukkan kuning telur kocok rata
3. Masukkan tepung dan aduk rata
4. Masukkan kacang mede
5. Cetak dan panggang sampai kecoklatan
6. Taburi dengan gula halus

Labels:

Pasta Krim Keju

Bahan :

Margarin 1 sdm
Bawang Bombay 1 buah (cincang)
Tepung terigu 1 sdm
Susu UHT 250 ml
Garam ½ sdt
Merica bubuk ½ sdt
Daging asap 1 lembar
Sosis sapi 3 buah, iris2
Keju chedar 150 gr (parut halus)
Pasta 125 gr (kupu2, pene atau yg lainnya, rebus)
Peterseli cincang untuk taburan

Cara Membuat :

1. Panaskan margarine, tumis bawang Bombay sampai harum
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga tepung matang
3. Matikan api, tuang susu sedikit2 sampai rata
4. Masak lagi dg api kecil, masukkan daging asap, sosis dan keju parut.
5. Matikan api, masukkan pasta dan aduk
6. Sajikan hangat dan taburi dg peterseli cincang

Labels:

Kue Keping Coklat Kacang

Bahan :

Mentega 125 gr
Gula palem 125 gr
Gula pasir 25 gr
Telur 1 btr
Tepung terigu 200 gr
Soda kue 1 sdt (diayak bersama dg tepung)
Coklat keping 100 gr
Kacang sangrai 100 gr (ditumbuk kasar)

Cara Membuat :

1. Kocok mentega, gula palem dan gula pasir sampai lembut
2. Masukan telur, kocok rata
3. Masukkan tepung yg telah diayak dan diaduk sampai rata
4. Masukkan coklat keping dan kacang
5. Oven hingga matang

Labels:

Kastengel

Bahan :

Mentega 200 gr
Margarin 150 gr
Tepung 600 gr
Kuning telur 5 btr (4 untuk adonan 1 untuk mengoles)
Keju parut 400 gr (300 untuk adonan dan 100 untuk taburan)
Garam secukupnya

Cara Membuat :

1. Kocok mentega dan margarine sampai lembut
2. Tambahkan kuning telur dan kocok rata
3. Masukkan garam, tepung dan parutan keju, aduk sampai rata
4. Cetak sesuai selera dan panggang
5. Sesudah ½ matang olesi kue dengan kuning telur dan beri taburan keju

Labels:

Tekwan












Bahan :

Air mendidih 1 liter
Bengkuang 200 g (potong korek api)
Udang basah 100 g
Jamur kuping 50 g (rendam)
Sedap malam 50 g (rendam dan ikat)
Soun 50 g (rendam)
Daun bawang 2 tangkai iris halus
Seledri 1 tangkai iris halus
Kaldu ikan 1 liter
Garam 2 sdt
Cuka 1 sdt
Merica bubuk ¼ sdt
Bawang Goreng

Bumbu Halus :

Bawang putih 3 siung
Merica ½ sdt

Bahan Bakso :

Ikan tenggiri 200 gr (dihaluskan)
Udang basah 200 gr (dicincang)
Tepung kanji 30 gr
Garam ½ sdt


Cara Membuat :

1. Aduk ikan tenggiri, udang, tepung kanji dan garam. Uleni sambil dibanting22.
2. Bentuk bulatan dan rebus sampai mengapung
3. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan udang dan aduk sampai berubah warna
4. Masukkan tumisan tadi ke dalam air kaldu sisa rebusan bakso
5. Tambahkan jamur, sedap malam, bengkuang, soun, daun bawang, seledri, bawang goring, garam dan merica.
6. Masak sampai semua matang, sajikan dg bawang goreng dan sambal

Labels:

Bubur Ayam Kuah Kuning


Waktu kerja di Jakarta dulu, suka beli bubur depan kantor di jalan Sudirman, buburnya tuh pake kuah kuning, jadi ngga kaya bubur bandung, jadi demi mengingat masa2 suram eh masa2 di jakarta dulu masak ahhhh sambil konsul2 sama jeng Retma dan liat2 dapur2 yang lain
jadilah bubur ayam modifikasi neng Ophi

Bahan
Bubur :
Beras satu mangkok kecil (1/4 kg)
Ayam sayap, dagingnya dilepas2in, plus tulang2nya jangan dibuang
Bumbu royco atau garam 1sdt
Air 1 L
Semua masuk dalam panci, dipanaskan sambil diaduk2 sampai teler,hehe
ngga lama kokk...sekali2 diambil berasnya cobain masih keras ngga. Kalau kurang air tambah.

Bahan kuah
Bawang putih 3 siung iris tipis
Jeroan ati ampela masukkan di tumis
tambahkan royco/garam
tambah air setengah gelas
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt kari bubuk
Rebus semua sampai mendidih

Penyajian :
Bubur dituang di mangkok, siram dengan kuah kuning ati ampela. Tambahkan bawang daun dan seledri. Jadi deh...leckerrrr. Asa makan di emang2 hihihi

Bisa ditambah :
-Ayam goreng
-Telur rebus

Tapi cakue ama kerupuk ngga ada huaaaaaaaaaaaa sedihnya....

Labels:

Somay ikan ala neng deasy.

Salah satu makanan favourite saya.

Bahan Somay:
  • 450 gr ikan putih-cod,coley,hake,dll(blender)/bisa menggunakan fish paste( bisa di beli di asian supermarket).
  • 400 gr tepung kanji.
  • 1 sdm tepung terigu.
  • 2 telur.
  • 4 sdm bawang goreng.
  • 4 bawang putih.
  • penyedap rasa ikan & salt.
Cara:
  • Blender semua bahan sampai benar-benar halus.
  • Bentuk somay bulat/lonjong,sesuai selera.
  • Kukus dgn menggunakan dandang,sampai matang.
Bahan bumbu somay:
  • 300 gr kacang merah,goreng.
  • 2 cabe merah.
  • 5 bawang putih.
  • 1 gula merah.
  • 2 daun jeruk purut.
  • 2 sdm tomat sauce.
  • 2 sdm saus pedas ABC(kalo punya).
  • Air 1 cup.
Cara:
  • Blender semua bahan,sampai benar-benar halus.
  • Masak dgn api sedang,sampai bumbu somay menjadi kental.
Selamat mencoba,
Deasy Roberts.

Labels:

Kue Lapis.

bisa potong panjang,seperti di atas.

atau potong pendek seperti ini.


Reesep ini hasil modifikasi dari beberapa sumber.

Bahan:
  • 300 gr tepung beras.
  • 3 sdm tepung kanji.
  • 800 ml /2 kaleng santan yg kental.
  • 1 cup gula pasir.
  • salt setengah sdt.
  • Pewarna hijau & merah.
Caranya:
  • Panaskan dandang & lumuri tupperware ukuran sedang dgn minyak.sisihkan.
  • Masukan santan di dalam mangkuk besar(pyrex),dan panaskan di dalam microwave selama 2 mnt.
  • Masukan gula pasir,aduk & biarkan agak dingin.
  • Masukan tepung beras & tepung kanji & salt.
  • Aduk sampai rata & bagi menjadi 2 bagian.
  • Beri pewarna hijau & merah.
Cara memasak:
  • Masukan 1 centong soup adoanan warna merah kedalam tupperware yg panas(didalam dandang).Kukus sampai matang,lalu masukan adonan yg warna hijau sebanyak 1 centong soup...lakukan seterusnya.
TIPS:
  • Usahakan potong kue lapis, saat kue nya dalam keadaan dingin.
Selamat mencoba,
Deasy Roberts.

Labels:

Khusyaf (Es Buah ala Mesir)
Khusyaf ini bisa dibilang es buah ala Mesir. Biasanya bisa dinikmati pada saat berbuka puasa di bulan Ramadan. Rasanya manis agak sedikit asem...seger banget yg pasti.




Bahan:
250 gr buah apricot kering
250 gr buah plum kering
100 gr almond, sangrai
100 gr hazelnut, sangrai
100 gr walnut, sangrai
1L amardeen atau jus apricot, dinginkan dalam kulkas
2L air
gula secukupnya


Cara Membuat:
1. Campur kacang2an dan hancurkan, tapi jangan sampai halus.
2. Rebus 750 mL air hingga mendidih, kemudian masukkan kacang2an. Biarkan selama 5 menit.
3. Masukkan apricot dan plum kering, rebus selama 3 menit. Tambahkan gula dan aduk sebentar, kemudian matikan api.
4. Tuang amardeen dingin dan sisa air kedalam panci, kemudian langsung masukkan panci kedalam kulkas. Hidangkan dingin2.


Tips:
1. Amardeen atau jus apricot bisa diganti dengan sirup apricot yg sudah dilarutkan dengan air.
2. Sebaiknya amardeen dan air yg dituangkan kedalam panci benar2 dingin, sehingga buah apricot dan plum tidak menjadi terlalu lembut dan hancur.
3. Untuk yg berada diluar Mesir, amardeen aka dried apricot bisa dibeli di Arab-African store.


'Met nyoba,
Ria

Labels:

Sup Ayam ala Ria
Gw bikin sup ayam ini dikarenakan bosen sama masakan sini atow lg males banget masak macem2. Jadilah masak cuman sekali, tp isinya sehat...ada ayam 'n sayuran. Gampang pula bikinnya =p



Bahan:
1 ekor ayam, bagi 8
2 buah bawang bombay ukuran sedang, parut/cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah kentang ukuran besar, potong dadu 3 cm
2 buah wortel ukuran sedang, potong dadu 3 cm
2 buah tomat ukuran sedang, bagi 4
2 batang daun bawang, potong2 sepanjang 2 cm
1 sdt jahe bubuk
pala bubuk jika suka
garam dan merica secukupnya
penyedap jika suka


Cara Membuat:
1. Campur semua bumbu (kecuali penyedap), kemudian lumuri ayam dan masak dalam panci dengan api sedang.
2. Jika mulai berair, masukkan tomat lalu kecilkan api dan tutup panci. Masak hingga air ayam hampir habis.
3. Setelah air ayam berkurang, masukkan kentang, wortel dan daun bawang. Aduk2 sebentar, kemudian tambahkan air hingga ayam dan sayuran terendam.
4. Tambahkan penyedap jika suka dan masak hingga mendidih. Matikan api.
5. Hidangkan dengan taburan bawang goreng.


'Met nyoba,
Ria

Labels:

Semur Telor Sosis

Resep ini dilihat dari resep teh Inong di Dapur Bunda kemudian saya coba dan modifikasi sedikit (yang ada di dapur hiahahahaha)

Bahan :
Telur rebus 6 buah
Bawang bombay 1 siung iris kotak2
Kecap 3 sdm
Santan setengah gelas
Royco/Garam dan Gula
Jahe bubuk
Tambahan : 1 mangkok kecil sayur dalam kaleng (kotak2 wortel,buncis,kacang polong dll itu lho)

Cara : Tumis bawang bombay sampai harum kemudian sosis, masukkan telur, masukkan kecap yang dikasih air setengah gelas, bumbu penyedap, garam sampai mendidih, kemudian masukkan santan. Masak sebentar, terakhir masukkan sayur sampai matang. Hidangkan dengan nasi hangat. Yummm

Labels:

Ayam balado cabe ijo.

Rasa ayam balado ini enuaakk buanget,inshaAllah !!.
Mata bisa ampe juling-juling deh..huehehe...


Bahan bumbu ayam;
  • Ayam potongan ,secukupnya
  • 5 b.putih ulek
  • salt & penyedap rasa ayam.
  • 1 jeruk nipis,peras.
Cara:
  • Marinate ayam selama 30 mnt-1 jam.
  • Goreng dgn minyak sedikit,sampai matang & angkat.
Bahan balado cabe ijo:
  • 5 tomat ijo/hijau...hehehe..
  • 7 cabe ijo yg besar.
  • 6 b.putih.
Cara:
  • Kukus semua bahan sampai layu
  • Masukan blender/di ulek juga boleh
  • tambahkan salt & penyedap rasa ayam
  • goreng sampai wangi( pake minyak nya dikit aja yah).
  • masukan ayam yg sudah di goreng tadi.
Selamat mencoba,
Deasy Roberts.

Labels:

Pisang gr keju.

Ternyata pisang gr enak juga yak pake keju...

Bahan:
  • pisang plantain.
  • terigu secukupnya.
  • 2 sdm gula pasir.
  • keju parut,secukupnya.
Cara:
  • Campur terigu & gula,tambahkan air.
  • masukan pisang yg sudah diiris.
  • goreng sampai kecoklatan & taburi dgn keju parut.
Selamat mencoba,
Deasy Roberts.

Labels:

Pangsit gr/ Fried Wonton.

Snack buat ngemil atau bisa dijadikan makanan pembuka.

Bahan:
  • 300 gr ayam cincang.
  • kulit wonton.
  • 2 sdm tepung kanji/tapioca fl
  • 2 telur.
  • 1 sdm oyster sc/sauce tiram.
  • a few drops minyak wijen.
  • 1 sdt lada putih bubuk.
  • penyedap maggie.
  • salt.
Cara:
  • Campur semua bahan,bungkus dgn kulit wonton.
  • goreng sampai kecoklatan & hidangkan dgn sauce pedas asam manis.
Selamat mencoba,
Deasy Roberts.

Labels: