Burger Dortelweil
Bahan :
Roti Hamburger siap pakai
Daging Cincang
Roti tawar (cuil kecil kecil)
Bawang putih
Bawang bombay
Sedikit susu
Telur (jika suka)
Garam
Merica
Pala bubuk
sedikit minyak untuk memanggang.

Bahan saus
Campur jadi satu:
Mayonaise
Mustard
BBQ sauce
Sambal botolan

Bahan tambahan
Selada / lettuce
Tomat
Acar timun siap pakai

Cara membuat:
Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum.
Campurkan tumisan dengan daging cincang dan roti tawar. Aduk aduk sambil tambahkan susu sedikit demi sedikit. Jika telah tercampur rata tambahkan telur, garam, merica dan pala.
Bentuk adonan menjadi bulat dan pipih, panggang diatas wajan yang sudah diberi sedikit minyak. Panggang satu sisi sampai matang, kemudian balikan. Lakukan sampai adonan daging habis.
Potong menjadi dua roti burger siap pakai. Panggang sebentar diatas minyak bekas memanggang daging.
Kemudan oleskan adonan saos dikedua sisi roti burger, tambahkan potongan lettuce, tomat, acar timun dan daging.
Burger siap disantap.
Selamat menikmati.

Labels:

Bakpau Asin dan manis Ala dapur Weilbach

Hai hai... perkenalkan...Koki baru mempersembahkan sajian perdana yaitu bakpau asin dan bakpau manis ala dapur weilbach.
Resep ini lahir sewaktu sang koki masih tinggal di desa weilbach....jadilah namanya Bakpau ala dapur weilbach.

Bahan bakpau asin:
500 gram terigu untuk membuat Roti (diJerman yang kodenya 505)
50 gr gula pasir
1 bungkus ragi segar
300 cc air dingin
Backing powder secukupnya
Minyak sayur atau mentega putih secukupnya

Bahan bakpau manis:
sama dengan bakpau asin, ditambah dengan kurang lebih 25 gram gula.

Cara membuat:
Campur dalam satu wadah, terigu, gula pasir, backing powder dan ragi.
Tuangi air sedikit demi sedikit sambil terus diuleni.
Masukan sedikit demi sedikit minyak sayur,..terus uleni sampai adonan tidak
lengket ditangan.
Tutup wadah dengan lap basah bersih. Diamkan adonan minimal 40 menit, hingga
adonan mengembang.
Setelah mengembang, kempiskan adonan, lalu mulai ambil sedikit2 dan isi dengan
isi bakpau yang sudah disiapkan.
Alasi adonan yg sudah dibentuk dengen kertas roti.
Diamkan adonan yg sudah dibentuk selama kurang lebih 10-15 menit.
Bersamaan dengan itu mulai panaskan kukusan.
Setelah itu kukus bakpau hingga matang.

Bahan isi bakpau asin:
Daging cincang
Bawang bombay..........cincang halus
Bawang putih...........cincang halus
Daun bawang............cincang halus
Kecap manis
Merica
Garam
sedikit gula
Bumbu china (China Würzmischung/ fünft gewurtze / Five spicy)
Hoisin Sauce (bila suka)
Bumbu China dan hoisin sauce bisa dihilangkan dan diganti dengen saus tiram.
Tepung tapioka yg sudah diencerkan dgn sedikit air.

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
Masukan daging cincang..... tumis terus hingga daging matang.
Masukan bawang daun dan bumbu2 lainnya.
Tumis hingga semua bumbu tercampur dan daging matang.
Kentalkan adonan dengan larutan tapioka.

Bahan isi bakpau manis:
200 gr kacang hijau atau kacang merah yg sudah direndam dulu.
150 gr gula pasir (kalo suka manis silakan ditambah gula lagi)
Minyak sayur secukupnya.

Cara membuat:
Rebus kacang sampai empuk,..kemudian angkat lalu haluskan.
Panaskan sedikit minyak sayur, masukan kacang dan gula pasir... aduk2 dan terus
masukan sedikit2 minyak sayur sampe adonan "pas" sudah menyatu, halus dan tidak
terlalu lengket.
Angkat dan diamkan bbrp saat kemudian isikan kedalam adonan bakpau.

Proses selanjutnya sama dengan diatas.

Selamat menikmati
*catatan : resep ini kuposting disalah satu milis

Labels:

Puding Coklat Busa

Bahan :

800 ml susu cair
100 gr gula pasir
2 bks agar2 bubuk warna putih
30 gr coklat bubuk larutkan dg sedikit air hangat
2 kuning telur , kocok lepas
4 putih telur, kocok kaku
30 gr gula pasir

Vla :

600 ml susu
100 gr gula pasir
30 gr tep maizena
2 kuning telur

Cara Membuat :

Rebus gula, susu, dan agar2 sambil diaduk perlahan
Setelah 10 menit masukkan coklat, aduk sampai mendidih
Tambahkan 2 sendok sayur adonan agar2 dlm kocokan telur, aduk cepat.
Tambahkan lagi 2 sendok sayur adonan agar, aduk kembali dan tuang ke dlm agar2, masak lagi
Kocok putih telur samppai mengembang, masukkan gula sedikit2
Tuang rebusan agar2 ke dalam kocokan putih telur, sambil dikocok
Tuang ke dm cetakan agar

Untuk Vla:
Masak susu bersama gula dan maizena, aduk sampai mendidih
Angkat dari api. Tambahkan 1 sendok sayur adonan vla ke dlm kuning telur.
Aduk rata lalu masukkan lagi kedlm adonan vla.
Rebus hingga mendidih

Labels:

Muffin Double Chocolate

Makanan kesukaan Dzaki, berhubung saya kalo bikin gak sempet difoto, ambil foto palsunya aja yah!!

Bahan :

50 gr dark cooking chocolate
140 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
50 gr gula pasir
125 ml susu cair
35 gr mentega cair
1 btr telur
50 gr chocolate chips/drop

Cara membuat :

Panaskan oven 200 derajat Celcius
Lelehkan dark cooking chocolate
Ayak tepung, baking powder, dan garam dlm sebuah wadah
Campurkan coklat leleh, gula, susu, mentega dan telur, aduk hingga rata
Tambahkan coklat chip. Aduk rata
Masukkan adonan muffin ke dlm cetakan muffin yg telah diberi alas
Panggang selama 20-25 menit hingga matang

Labels:

Martabak Mie
Dapat ide cemerlang buangethhhh dr bu Admin, sehari sebelum acara ultah. Hidup Bu Admin!
Resep intinya adalah :
Mie Instan direbus, tiriskan, kemudian ditambah 1 telur, aduk rata, tambah bumbu mie setengah bungkus (atau coba dulu pas tidaknya) kemudian di goreng. Jadi deh!

Modifikasi saya, karena disesuaikan dengn lidah bule-ers, telurnya dua, kemudian adonan ditambah sosis, champignon, bawang daun (eh mereka suka bawang daun lho!suka buat campuran salad), pleus keju sureju ditaburin atasnya pas adonan sudah di penggorengan. Atasnya supaya cantik kaya yang bikin..(ya iya masa ganteng hihi) di kasih tomat kecil dibagi dua. Hasilnya? Big Bos nambah terus tyuhhh...plus sambal bangkok Indofood sekalian promosi produk dalam negeri.

Ini dia hasilnya...sippp....

Labels:

Tahu Isi

Sabtu pagi selalu pengen nyoba sesuatu, terutama sebagai penghibur kepenatan seminggu, masak itu menghilangkan mengurangi stres yak, krn ujung2nya makan hueueue

Baiklah para pemirsa, menu kali ini adalah tahu isi yang terinspirasi oleh ibu ini

Bahan :
Ayam dada, potong dagingnya kecil2 pisan (pake penghancur mungkin lebih baik, tapi saya nda punya e..)kalau takut flu burung (saya takuut), bisa direbus dulu, supaya yakin matang.

1 siung bawang putih iris
Bawang daun 1 iris
Telur 1 buah
Garam/Bumbu Penyedap 1 sdt (atau sesuai selera)
Tepung kanji 2sdm

Utama
Tahu potong segitiga kerok dalamnya

Cara : Campur semua bahan, masukkan ke dalam tahu, goreng, supaya tidak jatuh keluar, awalnya tahu digoreng dengan isi menghadap ke atas, karena panas, isi tahu menempel, baru dibalik2 sisi lain.

Hangat2 pake cabe rawit...enaakkk...(kata MB sih, mudah2an enak juga buat yang lain)

Labels:

Tomyam Segar

Abis jalan2, dingin, masuk angin, migren (punten saya iteung ti kampung hehehe)
Enaknya makan yang pedes2 dan asem2. Tomyam ini salah satu paporit (pake p yah) kami. Awalnya dikasitau Eceu Deas, kalo bisa beli bumbunya di Toko Asia asikkkk....dicoba deh

Bahan
Dada Ayam potong kotak atau
10 Baso ikan iris tipis atau
Udang dikupas
10 Jamur kancing diiris tipis
1 ikat Sawi potong2
Tahu potong kotak
Bawang daun iris tipis

Bumbu
Daun jeruk 2 lembar (kalau ada)
Sereh 1 batang potong2 (kalau ada)
Bawang merah dan bawang putih keprek
Tomyam paste (biasanya ada aturannya satu bungkus untuk berapa porsi-tips : beli ukuran besar (dalam pot) lebih murah dari pada yang sachet)


1 sdt bubuk jahe
Jeruk nipis setengah, peras ambil airnya

Cara : 1 siung bawang putih keprek, 1 siung bawang merah keprek, masukkan kedalam panci isi air setalah harum, masukkan irisan sereh dan daun jeruk sampai harum juga, lalu rebus bahan dimulai dari ayam, baso, udang, tahu. Setelah matang baru masukkan sayuran. Kemudian masukkan semua bumbu.

Bila suka tambahkan irisan cabe rawit slurpppp...seuhahhh...trus bikin teh manis panas, abis pedes trus panas...ah enakkk (kata MB mau difoto dulu ngga teh manis nya..hihh geuleuh..)

Labels:

Salad Pemalas
Paling pusing bawa bekal ke kampus, soalnya kalau bawa ikan2an tuh bule2 suka protes, uhhh bau ikan katanya, pdhl udah dihilangkan baunya pake jeruk nipis, goreng sampe kering, teuteup kebauan. Busethhh. Pernah sih bilang : ihh kok bisa sihhh kebauan? Katanya : Cuma hidung eropa yang bisa membauinya (halah!)

Sekarang lagi seneng2nya bikin salad "öl und essig" disini gitu sih disebutnya, alias minyak dan cuka, soalnya gampang dan cepet!

Bahan (porsi satu mangkok sedang):
Setengah bulatan Iceberg (Lettuce) potong kotak
Sejumput Toge segar
Satu Paprika potong kotak
Bonteng Satu Ketimun potong kotak
atau apa aja yang ada di kulkas bisa kombinasinya, bisa juga tambah tomat.
Suka2 dehhh asal jangan kangkung (mahal disini mah hihihi)
eh iyah bisa juga ditambah bawang bombay kotak2 kalo suka (tapi lebih enak lhooo...)

Saus :
Cuka 2 sdm
Minyak Olive 2 sdm
Garam 0.5 sdt
Gula 1 sdt

Cara : Campur semuah beibeh, aduk2, diamkan biar menyerap. Udah dehhh jadi. Seger!
Terus bikin ayam goreng, jadi deh bekal saya hari ini


Ayam goreng : balur ayam dengan garam, jahe, kecap asin, bawang putih, diamkan selama 15 menit, trus goreng kering.

Labels:

Nasi Goreng Kambing ala Ria
Idul Adha thn ini gw sekeluarga kebagian banyak bgt daging kambing...alhamdulillah. Berhubung agak bingung mau dibikin variasi apalagi, plus males pula masak yg ribet2...maka dibuatlah nasgorkam ala gw ini. Enak lhooo =p




Bahan:
300 gr daging kambing, potong kotak2
2 piring nasi putih
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, haluskan
2 sdt ketumbar, haluskan
3 sdm saus BBQ
1/2 sdt mixed spices (optional)
1 sdm air jeruk nipis/lemon
1 sdt gula pasir
air seperlunya
minyak utk menumis
garam dan merica secukupnya


Cara membuat:
1.Campur bawang putih, ketumbar, saus BBQ, mixed spices, air jeruk nipis/lemon, gula pasir, garam dan merica. Balurkan campuran bumbu pd potongan daging kambing, kemudian diamkan selama 30-45 menit.
2.Panaskan minyak, masukkan daging kambing yg telah dibalur bumbu. Tumis hingga air yg keluar terserap seluruhnya, kemudian tambahkan air dan didihkan.
3.Kecilkan api dan masak hingga daging kambing empuk. Tambahkan air jika perlu.
4.Setelah daging empuk, masukkan bawang bombay cincang dan tumis sebentar. Kemudian masukkan nasi putih, tambahkan garam dan merica seperlunya lalu aduk rata.
5.Hidangkan nasi goreng kambing dgn acar agar lebih segar.


Keterangan:
- Agar nasi goreng tidak terlalu berminyak, kurangi minyak yg keluar pd saat memasak daging kambing. Atau bisa jg dgn memilih daging kambing yg tidak berlemak.



'Met nyoba,
Ria

Labels:

Beredar Lagi
Akhirnya...Dapur Bersama terisi lg. Setelah sekian lama koki2nya ngambek gak mau posting huehehe...gak ding, boongan =D. Dikarenakan kesibukan para koki yg super duper top...ada yg sibuk pindahan, ada yg sibuk mau pindahan, ada yg sibuk sekolah, dll dkk. Yah, maklum aja...koki2nya kan bkn profesional ky yg di resto2 atow di hotel2 hehe. Niweys, cat dapurnya dibikin baru...ganti suasana, spy koki2nya rajin berbagi resep lg =p.

Oke, utk para pengunjung setia Dapur Bersama (dooh, ge er aja nih hihi)...maap kalo resepnya gak diapdet utk jangka wkt lama. Semoga cukup terhibur dengan suasana baru disini. Utk para koki...ayo ayo, resepnya bagi2 lg. Nanti kita coba tambah kokinya yah...biar makin seruuuu ;p